Implementasi Game Online Berbasis Cross-Play Menggunakan Algoritma Object Culling Untuk Optimalisasi Grafis

Muttaqin, Khairul (2024) Implementasi Game Online Berbasis Cross-Play Menggunakan Algoritma Object Culling Untuk Optimalisasi Grafis. S1 thesis, Universitas Teknologi Akba Makassar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (26MB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (28MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah para pengembang game kesulitan dalam membuat game online yang memiliki fitur cross-play. Hal ini dikarenakan setiap perangkat yang digunakan oleh pemain game memiliki kemampuan dan keterbatasan performa yang berbeda-beda, sehingga game online yang memiliki
fitur cross-play masih sedikit jumlahnya. Data ini diperoleh melalui penelitian lapangan dan pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang game online berbasis cross-play yang menerapkan algoritma object culling, serta menguji efektivitas penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dynamic testing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma object culling dapat menjadi solusi untuk optimasi game online berbasis cross-play. Hasil pengujian performa dengan merender sebanyak 691 objek pada 6 perangkat berbeda mendapatkan rata-rata peningkatan performa sebanyak 31 persen sehingga mengindikasikan bahwa algoritma object culling dapat menjadi solusi untuk optimasi game online berbasis cross-play, namun masih memerlukan penyesuaian lebih lanjut agar dapat bekerja secara efektif di berbagai perangkat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: S1 Teknik Informatika
Depositing User: S. Hadriani
Date Deposited: 07 Nov 2025 06:30
Last Modified: 07 Nov 2025 06:30
URI: https://repository.akba.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item