Analisis Sentimen Komentar Pengguna Aplikasi Kitalulus Menggunakan Metode Long Short Term Memory

Halfiani, Halfiani (2024) Analisis Sentimen Komentar Pengguna Aplikasi Kitalulus Menggunakan Metode Long Short Term Memory. S1 thesis, Universitas Teknologi Akba Makassar.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (298kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (280kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (272kB)
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
Full text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah aplikasi KitaLulus, yang merupakan platform digital untuk membantu pencari kerja membuat CV dan menemukan lowongan pekerjaan secara online, mengalami penurunan popularitas akibat ulasan dan feedback negatif dari pengguna. Hal ini berdampak pada reputasi aplikasi secara keseluruhan. Oleh karena itu, analisis sentimen diperlukan untuk memahami reaksi pengguna dan memberikan informasi yang berguna bagi pengembang dalam meningkatkan kualitas pengalaman pengguna.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen komentar pengguna aplikasi KitaLulus menggunakan metode Long Short Term Memory (LSTM) serta membandingkan efektivitasnya dengan Recurrent Neural Network (RNN). Data ini diperoleh melalui studi pustaka dan pengambilan ulasan secara otomatis dari Google Play Store. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis sentimen dengan pendekatan machine learning, khususnya LSTM dan RNN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LSTM lebih unggul dengan akurasi tertinggi sebesar 91.51% pada 2500 data, dibandingkan dengan RNN yang memiliki akurasi sebesar 88.48%. Penelitian ini memberikan manfaat bagi pengembang aplikasi dalam memahami persepsi pengguna melalui analisis sentimen yang lebih akurat, sehingga dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: S1 Teknik Informatika
Depositing User: S. Hadriani
Date Deposited: 06 Nov 2025 04:59
Last Modified: 06 Nov 2025 04:59
URI: https://repository.akba.ac.id/id/eprint/80

Actions (login required)

View Item
View Item